APAKAH SEL PUNCA DARAH TALI PUSAT ITU?


Setelah bayi lahir, biasanya tali pusat dibuang bersama dengan plasenta. Namun, sekarang diketahui bahwa darah yang didapat dari tali pusat merupakan sumber sel punca darah yang kaya manfaat.

Sama seperti sumsum tulang, sel punca dari darah tali pusat dapat digunakan untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan yang memengaruhi sel darah dan juga sistem kekebalan tubuh, leukemia dan tumor akut serta beberapa penyakit turunan.

Intinya, sel punca darah tali pusat adalah blok bangunan dalam darah dan sistem kekebalan tubuh kita. Sel punca darah tali pusat sangat cocok untuk bayi dan juga membawa kemungkinan kecocokan bagi anggota keluarga lainnya.

Penelitian secara konsisten mengungkapkan bahwa darah tali pusat adalah sumber alternatif Hematopoietic Stem Cells (HSCs) yang efektif dalam transplantasi orang dewasa.


MANFAAT MENYIMPAN DARAH TALI PUSAT


Transplantasi darah tali pusat adalah jenis transplantasi sel punca di mana sumber sel punca berasal dari tali pusat. Model pengobatan ini telah terbukti dapat mengobati lebih dari 80 penyakit termasuk kelainan sumsum tulang, kanker darah, kanker akut, beberapa jenis penyakit kelainan pada glikogen dan imunodefisiensi.


Sebuah Kesempatan yang Hanya Sekali Seumur Hidup

Anda hanya memiliki sekali kesempatan untuk memutuskan menyimpan dan memanfaatkan tali pusat bayi Anda, atau membuangnya. Secara genetik, sel darah bayi Anda memiliki keunikan yang menawarkan banyak keuntungan yang kelak atau sewaktu-waktu dibutuhkan oleh Anda, keluarga Anda, saudara kandung, atau anggota keluarga Anda lainnya.

1. SIAP SEDIA UNTUK PENGOBATAN

Ketika darah tali pusat bayi Anda disimpan oleh StemCord, Anda dapat menghubungi Layanan 24-Jam kami untuk mengambil kembali tali pusat tersebut kapan pun Anda butuhkan.

2. MINIMISE DISEASE PROGRESSION

Dengan akses yang siaga ke sel darah tali pusat, Anda dapat meminimalkan berkembangnya penyakit dengan melakukan perawatan dini.

3. SANGAT COCOK UNTUK ANAK ANDA

Penyimpanan sel darah tali pusat adalah pilihan yang sangat tepat untuk anak dengan potensi kecocokan yang juga tinggi terhadap anggota keluarga lainnya, jika dibandingkan dengan donor darah dari orang lain yang tidak punya keterikatan. Ini akan mengurangi terjadinya komplikasi medis sekaligus meningkatkan hasil pengobatan.


Daftar lengkap penyakit dapat dilihat di sini https://parentsguidecordblood.org/en/diseases

Bank darah tali pusat tidak menjamin sepenuhnya bahwa sel akan menyembuhkan atau dapat diterapkan pada setiap situasi. Dokter yang merawat akan menentukan penggunaan akhir. Tidak ada jaminan penuh bahwa darah tali pusar akan cocok untuk anggota keluarga lain atau akan memberikan penyembuhan secara mutlak. Transplantasi sel punca darah tali pusat tidak akan menjamin semua perawatan sesuai untuk segala jenis penyakit turunan. Seperti halnya terapi transplantasi, banyak faktor keberhasilan terapi bergantung pada banyak faktor di luar sel punca itu sendiri, termasuk kondisi pasien, jenis penyakit, hubungan pemberi-penerima donor, dan faktor lain. penggunaan sel punca darah tali pusat sebagai pengobatan yang baru ini bersifat eksperimental. Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda.

MENGAPA ANDA HARUS MENYIMPAN DARAH TALI PUSAT BAYI ANDA?

Transplantasi Darah Tali Pusat Pertama

Bank darah tali pusat adalah tempat pengumpulan dan penyimpanan darah yang diambil dari tali pusat bayi setelah bayi lahir. Keberhasilan transplantasi ini pertama kali dilakukan pada tahun 1998 pada anak laki-laki berusia lima tahun, dengan anemia Fanconi, dengan kesempatan bertahan hidup yang sangat buruk. Pendonor adalah adik perempuannya yang baru lahir. Lebih dari 17 tahun kemudian, penerima donor tersebut masih hidup dan sembuh dari manifestasi hematologis anemia Fanconi dan sisanya menjadi sejarah.

 

Aman & Nyaman

Semakin banyak keluarga yang memutuskan untuk mengumpulkan, memproses, dan menyimpan darah tali pusat bayi mereka karena tersedia penyimpanan yang aman, nyaman, dan non-kontroversial. Sel punca tersebut memiliki potensi untuk mengobati berbagai macam penyakit termasuk kanker umum dan kelainan pada darah seperti anemia sel sabit, talasemia, dan leukemia.

Lebih Cocok & Tingkat Komplikasi Rendah

Menyimpan darah tali pusat bayi adalah kesempatan yang hanya datang sekali seumur hidup; hanya datang saat bayi lahir. Sel punca darah tali pusat adalah sebuah sel yang sehat dan masih muda, dan sangat cocok bila digunakan untuk transplantasi.

Transplantasi darah tali pusat umumnya lebih disukai karena tingkat komplikasi yang lebih rendah jika dibandingkan dengan transplantasi sumsum tulang. Bila disimpan di bank darah tali pusat pribadi, darah tali pusat bisa diambil kapan pun diperlukan, menghemat waktu berharga untuk mencari donor sel punca yang cocok dan memungkinkan perawatan dapat dimulai sesegera mungkin.

Darah tali pusat milik bayi menjamin kecocokan yang sempurna untuk dirinya sendiri. Darah tali pusat juga berpotensi meningkatkan kemungkinan kecocokan terhadap saudara kandung dan orangtua bayi.

Orangtua yang sedang hamil diharapkan menyimpan darah tali pusat untuk keluarga mereka, karena tidak hanya berpotensi untuk menyelamatkan nyawa pada saat ini, tetapi juga untuk penggunaan di masa depan. Beberapa keluarga memiliki faktor risiko yang lebih tinggi, namun yang paling sering, orangtua melakukannya untuk alasan keamanan dalam mengetahui manfaat kesehatan sel punca yang mungkin suatu hari nanti ditawarkan pada anak mereka sendiri, atau anggota keluarga lainnya.ya.

Perawatan Medis & Pengobatan Masa Depan yang Potensial

Studi klinis terkini mendukung kecocokan yang unik sel punca darah tali pusat untuk sejumlah teknologi yang dikembangkan. Para dokter sangat antusias terhadap penggunaan sel punca darah tali pusat di bidang terapi gen dan perbaikan sel-sel yang sedang berkembang. Saat Anda menyimpan sel punca darah tali pusat bayi Anda, berarti Anda menyimpan sesuatu yang mungkin adalah komponen utama dari perawatan medis penyembuhan potensial di masa depan.

PENYAKIT YANG DAPAT
DIOBATI SAAT INI


Saat ini, model pengobatan transplantasi sel darah tali pusat terbukti mampu menyembuhkan lebih dari 80 penyakit*

Ada dua jenis perawatan yang tersedia:

Untuk perawatan autologous, dibutuhkan sel induk pasien.

Untuk perawatan allogeneic, pasien menerima sel punca dari pendonor yang cocok. Kemungkinan kecocokan jauh lebih tinggi jika pendonor adalah saudara kandung atau keluarga langsung.

Daftar penyakit yang dapat diobati* dengan SPDTP

  • Pengobatan Autologous
    • Kanker Anak
    • Neuroblastoma
    • Retinoblastoma
  • Perawatan Alogenik
    • Leukemia
    • Limfoma, Mieloma
    • Talasemia
    • Anemia Sel Sabit

*Sumber:

  1. Harris DT. Sel punca darah tali pusat: sebuah ulasan aplikasi neurologis potensial. Stem Cell Rev. 2008; 4: 269-274. Epub 5 Agustus 2008
  2. O’Brien TA, Tiedemann K, Vowels MR. no longer a biological waste product: umbilical cord blood. Med J Aust. 2006 184(8): 407-410
  3. Panduan Orangtua untuk Cord Blood Foundation
DAFTAR PENYAKIT YANG DAPAT DIOBATI

MASA DEPAN SEL PUNCA


Darah tali pusat saat ini sedang dikembangkan untuk digunakan dalam pengobatan regeneratif di mana sel punca dapat menginduksi penyembuhan atau regenerasi sel untuk memperbaiki jaringan yang rusak. Dengan potensi besar untuk menjadi jenis jaringan yang berbeda untuk terapi regeneratif, sel punca ini diharapkan mampu menjadi obat yang signifikan untuk mengobati beberapa penyakit yang paling sering mengancam nyawa.

Saat ini penelitian terus dikembangkan dan penyakit berikut dapat diobati dengan sel punca di masa depan.

Muncul Percobaan dan Terapi untuk Perawatan Autologous dan Alogenik

  • Penyakit Alzheimer
  • Cedera Otak
  • Serebral Otak
  • Regenerasi Kornea
  • Diabetes & Diabetes Juvenil
  • Penyakit Jantung
  • Penyakit Hati
  • Penyakit Otot
  • Penyakit Parkinson
  • Cedera Saraf Tulang Belakang
  • Stroke

Catatan: Penggunaan baru untuk sel punca darah tali pusat ditemukan dengan cepat. Namun, bank darah tali pusat tidak menjamin bahwa sel akan memberikan penyembuhan atau bisa diterapkan untuk setiap situasi. Dokter yang merawat akan memutuskan penggunaan akhir. Penggunaan sel punca tali pusat untuk pengobatan masih bersifat eksperimental. Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda.

PERCOBAAN YANG ADA & TERAPINYA

PROSES PENYIMPANAN DARAH TALI PUSAT


Klik tombol di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut 3 langkah sederhana proses penyimpanan darah tali pusat bayi Anda.

Temukan Lebih Banyak